BAB 2
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan Inovasi?
Inovasi
adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan ide untuk memecahkan masalah, dan
ide ide tersebut dapat diterima oleh pasar
2.
Bagaimana peranan inovasi dalam kewirausahaan?
satu karakter yang sangat
penting dari wirausahawan adalah kemampuannya berinovasi. Tanpa adanya inovasi
perusahaan tidak akan dapat bertahan lama. Hal ini disebabkan kebutuhan, keinginan,
dan permintaan/selera pelanggan berubah-ubah. Pelanggan tidak selamanya akan
mengkonsumsi produk yang sama. Pelanggan akan mencari produk lain dari
perusahaan lain yang dirasakan dapat memuaskan kebutuhan mereka. Untuk itulah
diperlukan adanya inovasi terus menerus jika perusahaan akan berlangsung lebih
lanjut dan tetap berdiri dengan usahanya. Inovasi adalah sesuatu yang berkenaan
dengan barang, jasa atau ide yang dirasakan baru oleh seseorang. Meskipun ide
tersebut telah lama ada tetapi ini dapat dikatakan suatu inovasi bagi orang
yang baru melihat atau merasakannya
3. Bagaimana proses inovasi?
-
Melihat kesempatan ini adalah fase untuk
mengidentifikasi kesempatan-kesempatan
-
Mengeluarkan
ide. Dalam
fase ini, kita
mengeluarkan konsep baru dengan tujuan menambah peningkatan
-
Implementasi. Dalam fase ini, ide ditransformasi
terhadap hasil yang konkret
-
Aplikasi.
Dalam fase ini meliputi perilaku
kita yang ditujukan untuk membangun, menguji, dan memasarkan pelayanan baru
4.
Jelaskan
yang dimaksud kreativitas?
Kreativitas adalah kemampuan
seseorang untuk menciptakan dan mengembangkan ide ide untuk memecahkan suatu
masalah, dan bahkan bisa menciptakal peluang dari masalah tersebut. Namun menurut
suryana (2003) menyatakan bahwa kreativitas adalah: “Berpikir sesuatu yang
baru”. “Kreativitas sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan
untuk menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dalam menghadapi
peluang”.
5.
Bagaimana
peranan kreativitas dalam kewirausahaan?
Kretivitas merupakan sumber
penting dalam penciptaan daya saing untuk semua organisasi yang peduli terhadap
growth (pertumbuhan) dan change (perubahan), karena selera pasar
akan selalu berubah-ubah, karena itu dibutuhkan kreativitas untuk seorang
wirausahawan, agar dia bisa membuat ide untuk memecahkan masalah yang datang
untuk mengganggu kegiatan usahanya
6. Bagaimana berfikir kreatif dalam kewirausahaan?
A. Roe dalam Frinces
(2004) menyatakan
bahwa syarat-syarat orang
yang kreatif yaitu:
a. Keterbukaan terhadap
pengalaman (openness to
experience).
b. Pengamatan melihat
dengan cara yang biasa dilakukan
(observanvce seeing things
in unusual
ways).
c. Keinginan (curiosity)
Toleransi terhadap ambiguitas
(tolerance of apporites)
d. Kemandirian dalam
penilaian, pikiran dan tindakan
(independence in
judgement, thought and
action)
e. Memerlukan dan menerima
otonomi (needing and
assuming autonomy)
f. Kepercayaan terhadap
diri sendiri (self-reliance)
g. Tidak sedang tunduk
pada pengawasan kelompok
(not being subject to
group standart and control).
h. Ketersediaan untuk
mengambil resiko yang
diperhitungakan (willing
to take calculated risks).
7. Bagaimana cara membangun kreatifitas?
Jika
menurut saya, yang pertama dilakukan tentu saja merubah mindset kita, saya
pernah teringat tentang bill gates, dia mengatakan imajinasi lebih penting
daripada ilmu pengetahuan,dia pernah mengatakan bahwa apa yang dia dapat saat
ini bukan berasal dari ilmku pengetahuan, tapi dari imajinasi dan kreativitas.
bahkan albert einstein pun mengatakan bahwa “nalar akan membawa anda dari A ke
B, sedangkan imajinasi akan membawa anda kemana saja” menurut saya kreativitas
lebih dekat dengan imajinasi, itu artinya orang yang memiliki tingkat imajinasi
tinggi cenderung lebih kreatif. Jadi cara membangun kreatifitas adalah merubah
mindset kita yang menganggap ilmu pengetahuan menjadi sesuatu yang paling
penting. Karena seharusnya imajinasi lah yang menjadi sangat penting untuk
membuat hal hal baru.
8. Jelaskan faktor-faktor yang mendukung inovasi dan
kreativitas dalam perusahaan!
Menurut
pengetahuan yang saya dapat setelah membaca buku” 2 tangis dan ribuan tawa”
yang ditulis oleh Bpk. Dahlan Iskan selama menjadi CEO PLN,faktor yang paling
penting untuk mendukung inovasi dan kreativitas adalah :
- Kebebasan
Mengemukakan Pendapat
- Kemerdekaan
ide
- Percaya pada
bawahan
- Menghilangkan
senioritas
- Mau mendengar
pendapat dari luar
Hal
tersebut beliau lakukan saat menjadi CEO PLN, sehingga akhirnya PLN bisa
berubah menjadi perusahaan BUMN yang lebih baik dari sebelumnya, saya pikir hal
tersebut sudah sangat tepat untuk mendukung inovasi dan kreativitas dalam
perusahaan.
9. Jelaskan faktor-faktor yang menghambat inovasi dan
kreativitas dalam perusahaan!
- Senioritas
- Komunikasi
tertutup
- Pola manajerial
yang mengunakan pola roda, atau rantai
-
Sifat
mengandalkan orang lain
-
Terlalu
banyak aturan
Menurut
saya hal – hal berikut cukup menghambat inovasi dan kreativitas dalam
perusahaan, karena jika ada sistem senioritas, biasanya keputusan sangat
dipengaruhi oleh senior, dan kita tidak bebas untuk mengemukakan ide – ide kita,
seperti yang saya alami dalam organisasi saat ini.
10. Pilih seorang pengusaha sukses dan perusahaannya untuk
dipelajari dan buat ringkasan atas pengusaha dan perusahaan tersebut. Adapun
data tentang pengusaha adalah nama, sejarah diri,visi misi, nilai-nilai yang
dianut, kegagalan dan kesuksesan dalam membangun usaha, strategi membangun
usaha dan hal-hal lain yang dianggap penting. Adapun tentang perusahaannya
adalah nama perusahaan, sejarah, visi, misi, produk-produk perusahaan,
manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajamen sumber daya manusia,
manajemen operasi, teknologi informasi dan hal-hal lain yang dianggap perlu!
Bill
Gates
Microsoft
Corporation (NASDAQ: MSFT,
didirikan 1975),
berkantor pusat di Redmond, Washington,
Amerika
Serikat, adalah perusahaan perangkat
lunak terbesar di dunia (dengan lebih dari 50.000 karyawan di berbagai
negara, hingga Mei 2004).
Microsoft
mengembangkan, membuat, melisensikan dan mendukung beragam jenis produk software
untuk berbagai peralatan perkomputeran. Produknya yang paling terkenal adalah
kelompok sistem operasi Microsoft
Windows, yang telah ada di mana-mana dalam pasar komputer
desktop.
Strategi
bisnis Microsoft yang agresif telah mengakibatkan beberapa penyelidikan
pemerintah, termasuk tuntutan hukum federal pada
tahun 1998 di mana
Microsoft dinyatakan telah secara ilegal menggunakan kekuatan monopolinya
untuk mengalahkan pesaingnya; melalui aksi banding dan negosiasi, Microsoft
telah mengurangi pengaruh dari keputusan ini pada pengoperasian perusahaan dan
status keuangannya.
Microsoft menjual beragam produk software. Banyak dari produk
tersebut dikembangkan secara internal, misalnya Microsoft Basic. Beberapa
produk dibeli dari pihak lain lalu dimerek ulang oleh Microsoft untuk
distribusinya, seperti Microsoft Project, sebuah program manajemen projek; Visio, sebuah program
pentabelan; DoubleSpace; Virtual PC yang dibeli dari Connectix; dan bahkan MS-DOS sendiri,
yang menjadi awal kesuksesan Microsoft dalam dunia pembuatan dan pemasaran
perangkat lunak.
Pada bulan April 2002, Microsoft diorganisasi-ulang menjadi tujuh unit
bisnis utama,yaitu:
·
Windows Client (mengelola client,
server dan sistem operasi bernama Microsoft Windows)
·
Information Worker (mengelola produk software perkantoran)
·
Microsoft Business Solutions (mengelola jasa bisnis dan aplikasi proses)
·
Server and Tools (mengelola
perangkat pengembangan dan software server yang terintegrasi)
·
Mobile and Embedded Devices (mengelola palmtop dan jasa telepon)
·
MSN (mengelola
jasa berbasis-web)
·
Home and Entertainment (mengelola hardware dan software konsumen)
Ada pula Unit Bisnis Macintosh yang menjadikan Microsoft pengembang software
Macintosh terbesar di luar Apple sendiri.
f.Menciptakan produktifitas pemrograman yang tinggig.Menarik,
mengembangkan, dan mempertahankan tenaga kerja yang beragamh.Menciptakan budaya
dan iklim menghormati dan inklusi
II.
Pernyataan Visi dan Misi
Microsoft Corporation
1.
Pernyataan Visi
Microsoft Corporation
a.“ Menetapkan Microsoft sebagai pemimpin global dalam keragaman daninklusi
dengan menjalankan kepemimpinan global yang eksekutif,keterlibatan, dan
akuntabilitas dan dengan meningkatkan keragaman di tempatkerja pada semua
tingkatan, nilai dan komitmen untuk membangunkeseimbangan kehidupan kerja, dan
membangun kemampuan untuk orang-orang dan organisasi”
(“To establish Microsoft as a global leader in diversity and inclusion
bydriving global executive leadership, engagement, and accountability and
byincreasing workforce diversity at all levels, building value and
commitment for work-life balance, and
building capabilities for people and organizations.”)
b.
Pencipta eksperimen-eksperimen yang mengkombinasikan keajaiban perangkat
lunak dari jaringan internet dengan menjelajah dunia.Bill Gates berkata “Dalam
setiap kegiatan kami, kami mengambil pandangan jangka panjang.”
2.
Pernyataan Misi
Microsoft Corporation
“Microsoft berusaha untuk memahami nilai dan menggabungkan perbedaansetiap
karyawan membawa kepada perusahaan sehingga kita dapat membanguntempat kerja
multicultural terbesar di industry teknologi dan mencerminkankeanekaragaman
tumbuh dan masuknya komunitas kita di pasar global.”.
III.Identifikasi Peluang dan Ancaman Eksternal
1.Peluang Eksternala.Mampu menciptakan sistem operasi yang sangat baik.
Revisi ke 2, Makalah Kelompok 1
Page 2
b.Mengubah ancaman eksternal sebagai
peluang Microsoft (contoh : perusahaanWordperfect merupakan perusahaan kecil
dan sangat baru tetapi berhasilmerebut pasar, dikarenakan Wordperfect
menyediakan dukungan gratismelalui telepon bagi pelanggan dan menindak-lanjuti
setiap pertanyaan dan permintaan yang masuk sampai pelanggan merasa puas. Untuk
mengatasi haltersebut, Microsoft Corporation membuat tutorial online yang bisa
langsungdiakses pada sistem.)c.Pengembangannya selalu lebih awal dibandingkan
dengan kompetitor lain.d.Permintaan pasar terhadap PC semakin meningkat
dibandingkan dengan masihrendahnya perusahaan PC yang ada.e.Situasi politik
yang stabil2.Ancaman Eksternala.Munculnya kompetitor-kompetitor sebanding
dengan mikrosoft atau adanya persaingan ketat. b.Produk yang dihasilkan oleh
kompetitor-kompetitor lain lebih mengerti danmemahami kebutuhan
pelanggan.c.Pelanggan yang telah mempelajari dan merasa nyaman dengan suatu
program,seringkali sukar dan mahal bagi mereka untuk beralih ke program lain.
(haltersebut sebenarnya bisa menjadi ancaman tertinggi atau bahkan bisa menjadi
peluang yang bagus)
IV.Matriks Profil Kompetitif (CPM)
Criticalsuccessfactors
Weight
DigitalResearchMicrosoftMicroProWordPerfect
peringkatnilaiperingkatnilaiperingkatnilaiperingkatnilai
Market share
0,2030,6040,8010,2020,40
Price
0,0740,2830,2110,0720,14
Financialposition
0,1610,1620,3240,6430,48
Productquality
0,1510,1540,6020,3030,45
Management
0,0510,0540,2020,1030,15
Consumerloyalty
0,1040,4030,3010,1020,20
Revisi ke 2, Makalah Kelompok 1
Page 3
Advertising
0,0820,1640,3210,0830,24
Innovation
0,1110,1120,2240,4430,33
Webdevelopment
0,0810,0820,1640,3230,24
Total
11,993,132,252,63
V.
Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE)
Faktor InternalBobotPenilaianSkor TerbobotKeteranganKekuatanBakat &
Kemampuan
0,204,3
0,86
pd inovasi program
Semangat kerja
0,104,0
0,40Sumber Daya
0,133,5
0,455Budaya Organisasi
0,194,5
0.855KelemahanPromosi tdk terencanadengan baik
0,203,0
0,60Manajemen krg kreatif
0,102,8
0,28Kepercayaanberlebihan
0.083,0
0,24Skor total
1
3,69
VI.Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Internal Bagi Organisasi
1.Kekuatan internal bagi organisasi
a.
Dengan situasi kerja yang santai, produktifitas karyawan tinggi.
b.
Memiliki para pemrogram-pemrogram terbaik.c.Modal besar
(mencukupi)d.Memiliki komunikasi terbuka, setiap orang dihubungkan dengan
jaringanelektronik (sebagai alat komunikasi).2.Kelemahan internal bagi
organisasia.Terlalu terobsesi untuk memuaskan pelanggan nya (contoh : IBM)
sehinggafactor-faktor kemungkinan kegagalan tidak terpikirkan. b.Microsoft
tidak mampu mengatasi keunggulan promosi word perfect yanglebih mengakar
11. Memilih satu usaha yang akan dikerjakan berdua selama
satu semester. Berikan gambaran usaha tersebut
Saya akan
membuat travel.
Peertama yang
saya lakukan adalah mencari travel lain untuk diajak kerjasama, terutama travel
yang dibuat oleh mahasiswa, agar mereka bisa mngerti tentang yang saya kerjakan
sebenarnya. Contohnya seperti cendana travel, cendana travel dibuat oleh anak
unpad, saya akan mencoba bekerja sama dengan mereka, dengan menjadi pemasar
untuk jasa mereka, dan saya akan mendapatkan fee dari mereka, dan saya juga
bisa markup harga jasa mereka, sehingga keuntungannya bisa menjadi milik
kelompok saya. Jadi sama – sama menguntungkan untuk pihak saya maupun pihak
travel.
12. Buatkan diferensiasi atau perbedaan dari bisnis
sejenis dengan konsep kreativitas dan inovasi pada usaha yang dipilih sehingga
terlihat perbedaan dengan pesaing!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar