Pages

Jumat, 24 Februari 2012

BAB 2


1.         Jelaskan apa yang dimaksud dengan Inovasi?
Inovasi adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan ide untuk memecahkan masalah, dan ide ide tersebut dapat diterima oleh pasar

2.       Bagaimana peranan inovasi dalam kewirausahaan?
satu karakter yang sangat penting dari wirausahawan adalah kemampuannya berinovasi. Tanpa adanya inovasi perusahaan tidak akan dapat bertahan lama. Hal ini disebabkan kebutuhan, keinginan, dan permintaan/selera pelanggan berubah-ubah. Pelanggan tidak selamanya akan mengkonsumsi produk yang sama. Pelanggan akan mencari produk lain dari perusahaan lain yang dirasakan dapat memuaskan kebutuhan mereka. Untuk itulah diperlukan adanya inovasi terus menerus jika perusahaan akan berlangsung lebih lanjut dan tetap berdiri dengan usahanya. Inovasi adalah sesuatu yang berkenaan dengan barang, jasa atau ide yang dirasakan baru oleh seseorang. Meskipun ide tersebut telah lama ada tetapi ini dapat dikatakan suatu inovasi bagi orang yang baru melihat atau merasakannya

3.    Bagaimana proses inovasi?
-         Melihat kesempatan ini adalah fase untuk mengidentifikasi kesempatan-kesempatan
-       Mengeluarkan ide. Dalam  fase ini,  kita mengeluarkan konsep baru dengan tujuan menambah peningkatan
-       Implementasi. Dalam fase ini, ide ditransformasi terhadap  hasil yang konkret
-       Aplikasi. Dalam fase ini meliputi perilaku kita yang ditujukan untuk membangun, menguji, dan memasarkan pelayanan baru

4.    Jelaskan yang dimaksud kreativitas?
Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan dan mengembangkan ide ide untuk memecahkan suatu masalah, dan bahkan bisa menciptakal peluang dari masalah tersebut. Namun menurut suryana (2003) menyatakan bahwa kreativitas adalah: “Berpikir sesuatu yang baru”. “Kreativitas sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dalam menghadapi peluang”.

5.    Bagaimana peranan kreativitas dalam kewirausahaan?
Kretivitas merupakan sumber penting dalam penciptaan daya saing untuk semua organisasi yang peduli terhadap growth (pertumbuhan) dan change (perubahan), karena selera pasar akan selalu berubah-ubah, karena itu dibutuhkan kreativitas untuk seorang wirausahawan, agar dia bisa membuat ide untuk memecahkan masalah yang datang untuk mengganggu kegiatan usahanya

6.    Bagaimana berfikir kreatif dalam kewirausahaan?
A. Roe dalam Frinces (2004) menyatakan
bahwa syarat-syarat orang yang kreatif yaitu:
a. Keterbukaan terhadap pengalaman (openness to
experience).
b. Pengamatan melihat dengan cara yang biasa dilakukan
(observanvce seeing things in unusual
ways).
c. Keinginan (curiosity) Toleransi terhadap ambiguitas
(tolerance of apporites)
d. Kemandirian dalam penilaian, pikiran dan tindakan
(independence in judgement, thought and
action)
e. Memerlukan dan menerima otonomi (needing and
assuming autonomy)
f. Kepercayaan terhadap diri sendiri (self-reliance)
g. Tidak sedang tunduk pada pengawasan kelompok
(not being subject to group standart and control).
h. Ketersediaan untuk mengambil resiko yang
diperhitungakan (willing to take calculated risks).

7.    Bagaimana cara membangun kreatifitas?
Jika menurut saya, yang pertama dilakukan tentu saja merubah mindset kita, saya pernah teringat tentang bill gates, dia mengatakan imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan,dia pernah mengatakan bahwa apa yang dia dapat saat ini bukan berasal dari ilmku pengetahuan, tapi dari imajinasi dan kreativitas. bahkan albert einstein pun mengatakan bahwa “nalar akan membawa anda dari A ke B, sedangkan imajinasi akan membawa anda kemana saja” menurut saya kreativitas lebih dekat dengan imajinasi, itu artinya orang yang memiliki tingkat imajinasi tinggi cenderung lebih kreatif. Jadi cara membangun kreatifitas adalah merubah mindset kita yang menganggap ilmu pengetahuan menjadi sesuatu yang paling penting. Karena seharusnya imajinasi lah yang menjadi sangat penting untuk membuat hal hal baru.

8.    Jelaskan faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
Menurut pengetahuan yang saya dapat setelah membaca buku” 2 tangis dan ribuan tawa” yang ditulis oleh Bpk. Dahlan Iskan selama menjadi CEO PLN,faktor yang paling penting untuk mendukung inovasi dan kreativitas adalah :
-       Kebebasan Mengemukakan Pendapat
-       Kemerdekaan ide
-       Percaya pada bawahan
-       Menghilangkan senioritas
-       Mau mendengar pendapat dari luar
Hal tersebut beliau lakukan saat menjadi CEO PLN, sehingga akhirnya PLN bisa berubah menjadi perusahaan BUMN yang lebih baik dari sebelumnya, saya pikir hal tersebut sudah sangat tepat untuk mendukung inovasi dan kreativitas dalam perusahaan.


9.    Jelaskan faktor-faktor yang menghambat inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
-       Senioritas
-       Komunikasi tertutup
-       Pola manajerial yang mengunakan pola roda, atau rantai
-       Sifat mengandalkan orang lain
-       Terlalu banyak aturan
Menurut saya hal – hal berikut cukup menghambat inovasi dan kreativitas dalam perusahaan, karena jika ada sistem senioritas, biasanya keputusan sangat dipengaruhi oleh senior, dan kita tidak bebas untuk mengemukakan ide – ide kita, seperti yang saya alami dalam organisasi saat ini.
10.  Pilih seorang pengusaha sukses dan perusahaannya untuk dipelajari dan buat ringkasan atas pengusaha dan perusahaan tersebut. Adapun data tentang pengusaha adalah nama, sejarah diri,visi misi, nilai-nilai yang dianut, kegagalan dan kesuksesan dalam membangun usaha, strategi membangun usaha dan hal-hal lain yang dianggap penting. Adapun tentang perusahaannya adalah nama perusahaan, sejarah, visi, misi, produk-produk perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajamen sumber daya manusia, manajemen operasi, teknologi informasi dan hal-hal lain yang dianggap perlu!

Bill Gates
Microsoft Corporation (NASDAQ: MSFT, didirikan 1975), berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat, adalah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia (dengan lebih dari 50.000 karyawan di berbagai negara, hingga Mei 2004).
Microsoft mengembangkan, membuat, melisensikan dan mendukung beragam jenis produk software untuk berbagai peralatan perkomputeran. Produknya yang paling terkenal adalah kelompok sistem operasi Microsoft Windows, yang telah ada di mana-mana dalam pasar komputer desktop.
Strategi bisnis Microsoft yang agresif telah mengakibatkan beberapa penyelidikan pemerintah, termasuk tuntutan hukum federal pada tahun 1998 di mana Microsoft dinyatakan telah secara ilegal menggunakan kekuatan monopolinya untuk mengalahkan pesaingnya; melalui aksi banding dan negosiasi, Microsoft telah mengurangi pengaruh dari keputusan ini pada pengoperasian perusahaan dan status keuangannya.
Microsoft menjual beragam produk software. Banyak dari produk tersebut dikembangkan secara internal, misalnya Microsoft Basic. Beberapa produk dibeli dari pihak lain lalu dimerek ulang oleh Microsoft untuk distribusinya, seperti Microsoft Project, sebuah program manajemen projek; Visio, sebuah program pentabelan; DoubleSpace; Virtual PC yang dibeli dari Connectix; dan bahkan MS-DOS sendiri, yang menjadi awal kesuksesan Microsoft dalam dunia pembuatan dan pemasaran perangkat lunak.
Pada bulan April 2002, Microsoft diorganisasi-ulang menjadi tujuh unit bisnis utama,yaitu:
·         Windows Client (mengelola client, server dan sistem operasi bernama Microsoft Windows)
·         Information Worker (mengelola produk software perkantoran)
·         Microsoft Business Solutions (mengelola jasa bisnis dan aplikasi proses)
·         Server and Tools (mengelola perangkat pengembangan dan software server yang terintegrasi)
·         Mobile and Embedded Devices (mengelola palmtop dan jasa telepon)
·         MSN (mengelola jasa berbasis-web)
·         Home and Entertainment (mengelola hardware dan software konsumen)
Ada pula Unit Bisnis Macintosh yang menjadikan Microsoft pengembang software Macintosh terbesar di luar Apple sendiri.


f.Menciptakan produktifitas pemrograman yang tinggig.Menarik, mengembangkan, dan mempertahankan tenaga kerja yang beragamh.Menciptakan budaya dan iklim menghormati dan inklusi
II.
Pernyataan Visi dan Misi
 Microsoft Corporation
1.
Pernyataan Visi
Microsoft Corporation
a.“ Menetapkan Microsoft sebagai pemimpin global dalam keragaman daninklusi dengan menjalankan kepemimpinan global yang eksekutif,keterlibatan, dan akuntabilitas dan dengan meningkatkan keragaman di tempatkerja pada semua tingkatan, nilai dan komitmen untuk membangunkeseimbangan kehidupan kerja, dan membangun kemampuan untuk orang-orang dan organisasi”
(“To establish Microsoft as a global leader in diversity and inclusion bydriving global executive leadership, engagement, and accountability and byincreasing workforce diversity at all levels, building value and commitment  for work-life balance, and building capabilities for people and organizations.”)
b.
Pencipta eksperimen-eksperimen yang mengkombinasikan keajaiban perangkat lunak dari jaringan internet dengan menjelajah dunia.Bill Gates berkata “Dalam setiap kegiatan kami, kami mengambil pandangan jangka panjang.”
2.
Pernyataan Misi
Microsoft Corporation
“Microsoft berusaha untuk memahami nilai dan menggabungkan perbedaansetiap karyawan membawa kepada perusahaan sehingga kita dapat membanguntempat kerja multicultural terbesar di industry teknologi dan mencerminkankeanekaragaman tumbuh dan masuknya komunitas kita di pasar global.”.
III.Identifikasi Peluang dan Ancaman Eksternal
1.Peluang Eksternala.Mampu menciptakan sistem operasi yang sangat baik.
Revisi ke 2, Makalah Kelompok 1
Page 2

 b.Mengubah ancaman eksternal sebagai peluang Microsoft (contoh : perusahaanWordperfect merupakan perusahaan kecil dan sangat baru tetapi berhasilmerebut pasar, dikarenakan Wordperfect menyediakan dukungan gratismelalui telepon bagi pelanggan dan menindak-lanjuti setiap pertanyaan dan permintaan yang masuk sampai pelanggan merasa puas. Untuk mengatasi haltersebut, Microsoft Corporation membuat tutorial online yang bisa langsungdiakses pada sistem.)c.Pengembangannya selalu lebih awal dibandingkan dengan kompetitor lain.d.Permintaan pasar terhadap PC semakin meningkat dibandingkan dengan masihrendahnya perusahaan PC yang ada.e.Situasi politik yang stabil2.Ancaman Eksternala.Munculnya kompetitor-kompetitor sebanding dengan mikrosoft atau adanya persaingan ketat. b.Produk yang dihasilkan oleh kompetitor-kompetitor lain lebih mengerti danmemahami kebutuhan pelanggan.c.Pelanggan yang telah mempelajari dan merasa nyaman dengan suatu program,seringkali sukar dan mahal bagi mereka untuk beralih ke program lain. (haltersebut sebenarnya bisa menjadi ancaman tertinggi atau bahkan bisa menjadi peluang yang bagus)
IV.Matriks Profil Kompetitif (CPM)
Criticalsuccessfactors
Weight
DigitalResearchMicrosoftMicroProWordPerfect
 peringkatnilaiperingkatnilaiperingkatnilaiperingkatnilai
Market share
0,2030,6040,8010,2020,40
Price
0,0740,2830,2110,0720,14
Financialposition
0,1610,1620,3240,6430,48
Productquality
0,1510,1540,6020,3030,45
Management
0,0510,0540,2020,1030,15
Consumerloyalty
0,1040,4030,3010,1020,20
Revisi ke 2, Makalah Kelompok 1
Page 3

Advertising
0,0820,1640,3210,0830,24
Innovation
0,1110,1120,2240,4430,33
Webdevelopment
0,0810,0820,1640,3230,24
Total
11,993,132,252,63
V.
Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE)
Faktor InternalBobotPenilaianSkor TerbobotKeteranganKekuatanBakat & Kemampuan
0,204,3
0,86
 pd inovasi program
Semangat kerja
0,104,0
0,40Sumber Daya
0,133,5
0,455Budaya Organisasi
0,194,5
0.855KelemahanPromosi tdk terencanadengan baik
0,203,0
0,60Manajemen krg kreatif
0,102,8
0,28Kepercayaanberlebihan
0.083,0
0,24Skor total
1
3,69
VI.Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Internal Bagi Organisasi
1.Kekuatan internal bagi organisasi
a.
Dengan situasi kerja yang santai, produktifitas karyawan tinggi.
b.
Memiliki para pemrogram-pemrogram terbaik.c.Modal besar (mencukupi)d.Memiliki komunikasi terbuka, setiap orang dihubungkan dengan jaringanelektronik (sebagai alat komunikasi).2.Kelemahan internal bagi organisasia.Terlalu terobsesi untuk memuaskan pelanggan nya (contoh : IBM) sehinggafactor-faktor kemungkinan kegagalan tidak terpikirkan. b.Microsoft tidak mampu mengatasi keunggulan promosi word perfect yanglebih mengakar
11. Memilih satu usaha yang akan dikerjakan berdua selama satu semester. Berikan gambaran usaha tersebut
Saya akan membuat travel.
Peertama yang saya lakukan adalah mencari travel lain untuk diajak kerjasama, terutama travel yang dibuat oleh mahasiswa, agar mereka bisa mngerti tentang yang saya kerjakan sebenarnya. Contohnya seperti cendana travel, cendana travel dibuat oleh anak unpad, saya akan mencoba bekerja sama dengan mereka, dengan menjadi pemasar untuk jasa mereka, dan saya akan mendapatkan fee dari mereka, dan saya juga bisa markup harga jasa mereka, sehingga keuntungannya bisa menjadi milik kelompok saya. Jadi sama – sama menguntungkan untuk pihak saya maupun pihak travel.

12. Buatkan diferensiasi atau perbedaan dari bisnis sejenis dengan konsep kreativitas dan inovasi pada usaha yang dipilih sehingga terlihat perbedaan dengan pesaing!

Perbedaan yang kami buat adalah dengan status kami sebagai mahasiswa yang memiliki banyak teman dikampus maupun di organisasi, kami jadi bisa lebih mudah untuk mencari target pasar, terutama untuk mahasiswa pula, sehingga kami banyak melakukan kegiatan travel untuk merefresh pikiran para mahasiswa yang telah penat oleh tugas dan kuliah. Dan perbedaan yang saya miliki juga saya melakukan kegiatan sesuai permintaan para konsumen, jadi istilahnhya saya melayani mereka, tidak seperti travel lain yang telah memiliki pola yang tetap untuk melayani para pelangganya. Saya akan bertanya apa yang konsumen inginkan, lalu saya akan membuat list tentang permintaan mereka. Dan mencoba untuk melayani apa yang mereka inginkan, sehingga para konsumenpun akan merasa ikut dilibatkan dalam usaha jasa saya. Dan saya yakin itu akan menjadi suatu nilai lebih yang dimiliki oleh usaha travel saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar