BAB 4
- Bagaimana cara memasuki dunia usaha? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih tentang cara mereka memasuki dunia usaha!
Seorang teman pada suatu hari
menyarankan Bob untuk berbisnis telur ayam negeri untuk keluar dari depresinya.
Bob tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam. Di Indonesia saat
itu, ayam kampung masih mendominasi pasar.
Bob-lah yang pertama kali
memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia. Bagaikan seorang
salesman biasa, Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu. Ketika itu,
telur ayam negeri belum populer di Indonesia sehingga telur ayam negeri tersebut
hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, serta
beberapa orang Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri.
Pertama kali dalam kegiatan
pemasarannya saya pikir Om Bob sangat cerdik, dia mencoba menjual telur busuk
kepada semua pelanggannya. Dengan begitu dua dengan cepat dikenal sebagai
penjual telur, namun telur busuk.
Keesokan harinya setelah kejadian
tersebut, om bob mengganti semua telur busuk yang telah dibeli oleh
pelanggannya dengan telur ayam negeri yang segar, sehingga sekarang citra om
bob yang sebelumnya penjual telur busuk segera berubah menjadi penjual telur
segar. Dengan cara seperti itu om bob dengan sangat mudah terkenal oleh para
pelanggannya.
Berkat kerja keras Bob, telur ayam
negeri mulai dikenal sehingga bisnis Bob semakin berkembang. Tidak berhenti
sampai disana, Bob kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam.
Selain memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang
menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.
- Jelaskan profil usaha kecil dan model pengembangannya! Berikan gambaran profil dan model pengembangan usaha oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
Pengusaha asal Indonesia yang kerap
dipanggil om Bob ini terkenal sukses berbisnis di bidang pangan dan peternakan,
Bob adalah bos dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Meski ia sering
terlihat mengenakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang sudah dikenal
menjadi ciri khas seorang Bob Sadino, kepiawaiannya dalam berbisnis patut
menjadi contoh.
Pekerjaan pertama: Sopir
Pekerjaan pertama yang dilakoninya
setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki,
dan menjadi sopirnya. Suatu ketika ia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan
mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob kemudian
beralih pekerjaan menjadi tukang batu dengan gaji saat itu hanya Rp.100.
Bob Sadino sempat mengalami depresi
akibat tekanan hidup yang dialaminya.
Mulai berbisnis telur
Seorang teman pada suatu hari
menyarankan Bob untuk berbisnis telur ayam negeri untuk keluar dari depresinya.
Bob tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam. Di Indonesia saat
itu, ayam kampung masih mendominasi pasar.
Bob-lah yang pertama kali
memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia. Bagaikan seorang
salesman biasa, Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu. Ketika itu,
telur ayam negeri belum populer di Indonesia sehingga telur ayam negeri
tersebut hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang,
serta beberapa orang Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri.
Pertama kali dalam kegiatan
pemasarannya saya pikir Om Bob sangat cerdik, dia mencoba menjual telur busuk
kepada semua pelanggannya. Dengan begitu dua dengan cepat dikenal sebagai
penjual telur, namun telur busuk.
Keesokan harinya setelah kejadian
tersebut, om bob mengganti semua telur busuk yang telah dibeli oleh
pelanggannya dengan telur ayam negeri yang segar, sehingga sekarang citra om
bob yang sebelumnya penjual telur busuk segera berubah menjadi penjual telur
segar. Dengan cara seperti itu om bob dengan sangat mudah terkenal oleh para
pelanggannya.
Berkat kerja keras Bob, telur ayam
negeri mulai dikenal sehingga bisnis Bob semakin berkembang. Tidak berhenti
sampai disana, Bob kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam.
Selain memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang
menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.
33 .
Bagaimana
kerangka pengembangan usaha kecil? Berikan gambaran dari pengusaha dan
perusahaan yang saudara pilih!
jika yang saya lihat dari strategii yang coba
diterapkan oleh om Bob adalah pembuatan citra, dan nama baik Om Bob dalam
kegiatan usahanya. Jadi yang paling penting itu nama kita dikenal terlebih
dahulu, dengan embel – embel sesuatu yang baik.
Mario Teguh pernah bilang bahwa kita mau memulai
usaha, hal pertama yang harus kita dapatkan adalah nama baik. Nama yang mudah
dikenali, mudah dilihat, dan mudah ditemukan oleh para pelanggan. Dengan begitu
akan terjalin hubungan yang baik antara kita dan pelanggan. Dan hal tersebut
akan semakin mempermudah kita untuk mengembangkan usaha kita, jika nama kita
sudah bisa dipercaya oleh para pelanggan.
44. Jelaskan tantangan untuk mendirikan
usaha baru! Berikan gambaran pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
untuk memulai usaha baru, tentu saja tantangan datang
baik dari lingkungan mikro, maupun lingkungan makro. Jika dilihat dari yang Om
Bob coba lakukan, dia coba untuk melawan arus, karena trend saat itu dalah
trend mengunakan ayam dan telur ayam kampung, namun Om Bob mencoba untuk
berbisnis dengan ayam kota. Om Bob mencoba bersaing dengan para pesaing yang
telah lebih dulu terjun dalam bisnis tersebut. Dengan memberikan differensiasi
dari produk yang coba dia tawarkan. Jadi differensiasi sangat penting untuk
mendirikan usaha baru. Seperti yang pernah dikemukakan oleh Hermawan Kertajaya,
differensiasi adalah hal yang paling penting.
55. Jelaskan kegagalan dalam mendirikan
usaha baru! Berikan gambaran kegagalan yang pernah dialami oleh pengusaha dan
perusahaan yang saudara pilih!
Kegagalan yang mungkin bisa terjadi seperti kalah
dengan pesaing yang lebih unggul, dan telah lebih dulu melakukan kegiatan usaha
di komoditi yang sama dengan kita.
Lalu kondisi pasar yang berubah-ubah, dan profit yang
tidak menentu, itu sempat dialami oleh Om Bob.
66. Jelaskan rencana pengembangan usaha
yang saudara pilih!
Strategi pengembangan yang saya pilih adalah untuk
mencoba membuat peternakan yang lebih beragam lagi, seperti contohnya Pa
Prabowo Subianto, dia melakukan kegiatan usaha dalam hal peternakan. Dari 1
hewan ternak yang dia miliki, bisa memiliki harga yang sangat tinggi, bahkan
lebih mahal dari mobil.
Selain itu kita juga bisa memberdayakan masyarakat
daerah peternakan kita untuk mengelola peternakan, jadi CSRpun kita lakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar