Pages

Kamis, 13 Maret 2014

Mengapa MSDM sangat penting keberadaannya didalam perusahaan.

Saat kita membicarakan perusahaan, ada banyak bagian yang berada di dalamnya. dan setiap bagian itu memiliki fungsinya masing-masing. Secara garis besar perusahaan dibagi menjadi 4 bagian. yaitu Pemasaran, Keuangan, Operasional, dan Sumberdaya Manusia.

Kita tidak bisa mengatakan atau menganggap jika satu bagian lebih penting dari bagian lainnya. Saya analogikan dengan tubuh kita. Banyak orang pemasaran yang bilang bahwa pemasaran
adalah darah perusahaan yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen dalam tubuh. yang bisa menghidupi perusahaan. Lalu Keuangan pun berfungsi sebagai hati yang berfungsi untuk menyerap racun yang datan dari bagian lain, terutama yang berkaitan dengan penggunaan anggaran. Lalu Operasional berfungsi sebagai kaki dan tangan pada tubuh kita, mereka yang bergerak, membuat segala hal atau produk yang dibuat oleh perusahaan. Sumberdaya Manusia pun memiliki fungsi yang tidak kalah penting dalam perusahaan, Manajemen Sumberdaya manusia berfungsi sebagai jantung perusahaan yang menggerakan seluruh karyawan dengan fungsi operasionalnya yaitu placement, memberikan dorongan pada bagian lain agar mereka bisa bekerja lebih baik dengan cara pengembangan atau development. lalu bagian ini juga berfungsi sebagai penyalur hak kepada bagian lain melalui fungsi kompensasi.

Sekarang kita bayangkan jika salah satu bagian tubuh kita ada yang tidak lengkap, apakah kita akan bisa bekerja atau berfungsi dengan baik? jawabannya tidak. coba bayangkan jika salah satu bagian tubuh kita tidak berfungsi dengan baik, apakah tubuh kita akan bekerja dengan baik pula? jawabannya tidak. atau mungkin bisa namun kita membutuhkan usaha dan keinginan yang lebih keras dibanding orang lain. dan tidak semua orang memiliki itu. kebanyakan orang lebih senang menjadi bagian dari mayoritas, jika orang itu usahanya sekian, yasudah saya pun sekian, kebanyakan orang tidak ingin berusaha lebih baik daripada yang lain, jika dia tidak memiliki keinginan, kebutuhan, atau motivasi dalam hidupnya.

namun menurut pandangan saya, MSDM adalah bagian awal yang harus diperbaiki atau harus dipersiapkan sebaik mungkin sebelum kita bergerak untuk menyiapkan bagian lainnya. mengapa demikian, karena menurut pandangan saya, jika MSDM yang ada di satu perusahaan jelek atau tidak baik, maka bagian lainnya pun akan ikut tidak baik, mengapa saya bisa berkata demikian. karena fungsi MSDM adalah melakukan Pengadaan, dan Seleksi tenaga kerja, yang akan ditempatkan untuk mengisi bagian-bagian lainnya diperusahaan, seperti keuangan, pemasaran, dan operasional. jadi apabila bagian MSDM tidak bagian, maka bagian lain pun tidak akan baik. karena mereka yang memilih orang untuk mengisi bagian-bagian lainnya. kita ambil contoh di negara ini. menurut pandangan saya, fungsi MSDM di negara ini tidak dijalankan dengan baik, agar lebih mudah saya akan melihat dari susunan mentri yang ada di negara ini. semua orang tau menteri perekonomian negara ini saat ini adalah seorang lulusan teknik, dan kita tau menteri pemuda dan olahraga saat ini adalah orang yang sangat ahli di bidang informatika. mungkin mereka bisa untuk menjalankan fungsinya, namun lebih baik jika suatu posisi ditempati oleh ahlinya. karena jika dia memang ahli di bidang itu, besar kemungkinan dia akan bekerja profesional dan sangat baik di posisinya. contohnya di dalam suatu perusahaan ada divisi informatika, rasanya sangat tidak bijak jika kita membiarkan orang yang notabene lulusan Pertanian atau Sastra mengisi jabatan sebagai pimpinan di divisi itu. coba anda bayangkan sendiri seperti apa jadinya. mungkin bisa, namun sulit, karena itu memang bukan kemampuannya.

Karena hal itu lah saya mengatakan MSDM sebagai jantung di dalam perusahaan, jantung berfungsu untuk memompa darah dalam tubuh sehingga akhirnya kita bisa hidup, darah disini saya analogikan sebagai Karyawan dan Kompensasi. MSDM yang mengadakan karyawan dan menyeleksinya sesuai kebutuhan perusahaan. MSDM yang menentukan posisi dimana karyawan itu ditempatkan. MSDM itu pula yang membuat deskripsi pekerjaan, dan mengevaluasi pekerjaan itu, dan bagian MSDM lah yang menyalurkan kompensasi kepada seluruh karyawan. dan keseluruhan perusahaan digerakan oleh SDM. dan jika suatu perusahaan memiliki MSDM yang kompeten, objektif, maka sangat besar peluang perusahaan itu untuk maju.

ada filosofi MSDM yang pernah saya bahas dengan profesor saya di kampus, yaitu "People First and Costumer Second" sebuah kalimat yang sederhana, namun sharus diperhitungkan. mungkin banyak kalangan yang akan berteriak terhadap filosofi ini, apalagi orang pemasaran, sudah pasti tidak setuju. namun dari pembahasan bersama Profesor saya yang notabene ahli dibidang sdm, dia sangat setuju dengan filosofi ini, begitupun saya. beliau mengatakan bahwa sebelum kita berani untuk memasarkan suatu produk atau jasa. kita sudah harus memiliki SDM yang sangat baik di dalam perusahaan atau internal perusahaan. internal perusahaan ini yang dianggap sebagai "People". mengapa demikian, disaat kita memiliki SDM yang kompeten dan sangat baik didalam perusahaan, tentu perusahaan akan menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas pula. setelah kita memiliki produk atau jasa yang berkualitas, maka kita bisa menawarkannya kepada konsumen, dan sangat kecil kemungkinan konsumen akan mengeluh akan produk atau jasa kita yang memang berkualitas, dan diciptakan oleh SDM atau "People" yang sangat kompeten yang ada di dalam perusahaan. karena itu saya mulai berpikir, sebelum kita ingin memperbaiki eksternal, cobalah perbaiki internal kita dahulu. pelajaran yang saya dapat dari kelas hari itu adalah benahi diri sendiri sebelum membenahi orang lain. Bagaimana cara menyiapkan "People" ini, fungsinya berada dalam MSDM, baik itu pengadaan, seleksi, ataupun pengembangan karyawan, baik berupa pelatihan atau pendidikan yang diberikan kepada karawan. agar karyawan ini bisa lebih kompeten lagi. karena hal ini lah saya berpandangan bahwa MSDM adalah bagian yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, sebelum kita masuk ke bagian lainnya didalam perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar