Pages

Sabtu, 08 Desember 2012

KOMUNIKASI


Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti tidak akan lepas dari aktivitas komunikasi, berbagai macam kemajuan teknologipun kini diciptakan untuk mempercepat atau memperlancar proses dalam berkomunikasi. Oleh karena itu peran komunikasi berperan sangat penting dalam kehidupan kita dan begitu pula dalam kegiatan keorganisasian. Berikut adalah beberapa pengertian komunikasi yang dikemukakan oleh beberapa ahli:
Menurut Cooley yang dikutip oleh Sofyandi dan Garniwa (2005: 127):
” Komunikasi adalah mekanisme yang menyebabkan adanya hubungan antar manusia dan mengembangkan semua lambang pikiran, bersama-sama dengan sarana untuk menyiarkannya dalam ruang dan merekamnya dalam waktu. Ini mencakup wajah, sikap dan gerak-gerik, suara, kata-kata tertulis, percetakan, dan apa saja yang merupakan penemuan-penemuan mutakhir untuk menguasai ruang dan waktu ”.

Menurut  Flippo yang dikutip oleh Mangkunegara (2004:145) :
“ Komunikasi adalah aktivitas yang menyebabkan orang lain menginterpetasikan suatu ide, terutama yang dimaksudkan oleh pembicara atau penulis “.





Kata komunikasi berasal dari
bahasa latin “communicare” yang berarti memberi, mengambil bagian atau meneruskan sehingga terjadi sesuatu yang umum (common), sama atau saling memahami (Bovee and Thill, 2003) (Pratminingsih, 2006:2). Sedangkan Simamora (2000) yang dikutip oleh Pratminingsih (2006:3) mendefinisikan komunikasi sebagai pengumpulan, pemilihan, pembentukan dan penyampaian simbol antara individu untuk menciptakan makna melalui suatu proses.

Proses komunikasi berkaitan dengan bagaimana komunikasi itu berlangsung. Untuk memahami proses komunikasi, sebagai acuan di sini dikemukakan model Shannon dan Weaver yang unsur-unsur pokoknya adalah sebagai berikut:
1.      Sumber informasi
2.      Transmisi
3.      Kebisingan / gangguan
4.      Penerima
5.      Tujuan Akhir


Tidak ada komentar:

Posting Komentar