Jumat, 07 Desember 2012

Pengertian dan peranan Manajemen Sumber Daya Manusia


      
Dalam masyarakat modern sekarang ini, terlebih-lebih dunia menuju era globalisasi, kita dituntut menghadapi persaingan yang lebih kompetitif baik untuk pasar dalam negri maupun pasar internasional. Dunia industri di tuntut untuk meningkatkan efisiensinya dalam operasinya yaitu melalui pengembangan sumber daya manusia yang lebih terampil (meningkatkan keahliannya). Oleh karena itu pola pikir manajer atau seorang pimpinan sudah seharusnya pula lebih terbuka dan transparan, terutama dalam memandang posisi sumber daya manusia yang ada dalam organisasi atau perusahaan. Manajer yang berhasil di masa depan adalah manajer yang cepat tanggap, terbuka, profesional, dan mempunyai visi  “ Human Oriented” (berorientasi kepada sumber daya manusia).
            Manajemen sumber daya manusia itu sendiri adalah suatu bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi perusahaan. Unsur manajemen sumber daya manusia adalah manusia yang merupakan tenaga kerja pada perusahaan. Dengan demikian fokus yang dipelajari Manajemen Sumber Daya Manusia ini hanyalah masalah yang berhubungan dengan tenaga kerja manusia saja.
            Persamaan manajemen sumber daya manusia dengan manajemen personalia adalah
keduanya merupakan ilmu yang mengatur unsur manusia dalam suatu organisasi agar mendukung terwujudnya suatu tujuan. Personalia sering dihubungkan dengan istilah kepegawaian, artinya seluruh orang yang bekerja pada suatu organisasi tertentu. Hal ini berarti bahwa manajemen personalia bertujuan meningkatkan partisipasi pegawai dalam suatu organisasi.
Jelasnya bahwa baik itu manajeman sumber daya manusia maupun manajemen personalia tugasnya adalah mengatur tenaga kerja manusia (karyawan) sedemikian rupa. Agar pengertiannya lebih jelas, maka di bawah ini terdapat beberapa definisi yang telah dirumuskan dan dikemukakan oleh para ahli:
Menurut Hasibuan ( 2002: 10 ) yaitu :
“Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.“


Menurut Flippo yang dikutip oleh Hasibuan (2002 : 11) yaitu :
            “Manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemberhentian karyawan dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan, individu, karyawan, dan masyarakat.“

            Menurut Handoko (2000 : 4) yaitu :
            “Manajemen Sumber Daya Manusia adalah proses penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan-tujuan individu maupun organisasi.“

            Menurut Mangkunegara (2001 : 2) yaitu :
            “Manajemen personalia adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan,pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan,dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.”

Jadi manajemen sumber daya manusia dapat disebut sebagai  suatu proses pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.
Fungsi-fungsi pokok manajemen sumber daya manusia sama dengan fungsi manajemen hanya cara penerapan fungsinya yang berbeda, yaitu sebagai berikut :


1.      Perencanaan
Yaitu melakukan kegiatan perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan, dan pemeliharaan sumber daya manusia.
2.      Pengorganisasian
Yaitu menyusun suatu organisasi dengan mendesain struktur dan hubungan antara tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh tenaga kerja yang dipersiapkan.
3.      Pengarahan
Yaitu memberikan dorongan untuk menciptakan kemauan kerja yang dilaksanakan secara efektif dan efisien.
4.      Pengawasan dan Pengendalian
Yaitu melakukan pengukuran-pengukuran antara kegiatan yang dilakukan dengan standar-standar yang telah ditetapkan, khususnya di bidang tenaga kerja.
            Jadi dari definisi di atas penulis berusaha mencoba mengartikan definisi bahwa fungsi manajemen dengan manajemen sumber daya manusia hanya berbeda penerapannya saja. Manajemen sumber daya manusia diterapkan untuk mengarahkan manusia atau karyawan agar dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar